-->

Obat Alami Sakit Tenggorokan atau Pancingen Yang Dapat Ditemukan Disekitar Rumah



Faringtis atau biasa disebut sakit tenggorokan bisa menjadi pertanda awal dari gejala flu dan pilek, efek samping dari Faringtis yaitu pita suara yang menegang, atau sebuah pertanda dari sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan. 

Terlepas dari penyebab tersebut, sakit tenggorokan dapat sangat merepotkan dan membuat Anda jadi kurang nyaman. Anda mungkin sangat ingin untuk segera periksa ke dokter, akan tetapi beberapa pengobatan paling efektif ternyata dapat Anda temukan di sekitar rumah anda sebagai obat sakit tenggorokan alami.

Bukan hanya itu, obat-obatan lepas yang bisa dengan dengan mudah Anda dapatkan di apotek terdekat juga bisa jadi obat tenggorokan sakit.

Informasi Tentang Sakit Tenggorokan/Faringtis

Sakit tenggorokan atau Faringtis adalah salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami banyak orang. Biasanya orang yang terserang sakit tenggorokan akan mengalami rasa sakit di daerah tenggorokan, tepatnya di daerah laring, faring, dan kelenjar amandel. Kondisi ini yang membuat Anda merasa tidak nyaman/gatal karena tenggorokan terasa sakit atau panas, sehingga membuat Anda jadi kesulitan untuk menelan makanan bahkan sakit ketika menelan air liur anda sendiri.

Sakit tenggorokan dapat diakibatkan oleh bakteri atau virus. Akan tetapi, pada umumnya infeksi viruslah yang menjadi penyebab utama paling banyak dari sakit tenggorokan. Infeksi virus tersebut bisa Anda didapatkan dari pilek, flu, campak, cacar, dan sesak napas. Namun terlepas dari itu semua, alergi, udara kering, dan polusi udara pun dapat membuat tenggorakan Anda terasa sakit dan nyeri.


Sedangkan, sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh serangan bakteri ini lebih jarang terjadi. Sakit tenggorokan yang dkarenakan oleh bakteri ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang bernama Streptococcus pyogenes. Anda bisa saja dapat mengalami sakit tenggorokan karena trauma atau cedera yang ada pada daerah tenggorokan dan leher. Contohnya Anda menelan makanan atau tulang ikan yang menyebabkan iritasi pada laring dan dinding tenggorokan anda.

Bahkan, naiknya asam lambung pun bisa menjadi penyebab tenggorokan terasa panas hingga meradang. Sehabis anda berteriak kencang atau berbicara panjang dalam waktu yang panjang pun, tenggorokan bisa terasa sakit.

Gejala sakit tenggorokan yang timbul pada umumnya adalah:
  • Rasa sakit dan gatal di tenggorokan
  • Sakit ketika menelan makanan
  • Suara menjadi parau dan serak
  • Timbul gejala demam seperti batuk, hidung meler/pilek , dan bersin-bersin
  • Pada anak-anak biasanya disertai amandel yang memerah

Sakit tenggorokan sangat erat kaitannya dengan radang amandel. Walaupun sekilas keduanya memiliki gejala yang hampir sama, tetapi sakit tenggorokan dan amandel jelas-jelas penyakit yang berbeda. Cara paling baik untuk membedakannya dan mengatasi kedua penyakit ini adalah dengan langsung periksa ke dokter. Mengetahui faktor yang menjadi penyebab sakit tenggorokan akan sangat membantu Anda menyembuhkan penyakit.

Namun di beberapa kasus, sakit tenggorokan biasanya akan mereda dengan sendirinya dalam waktu kurang dari seminggu. Jika gejalanya malah memburuk, berubah ke area sakit yang lain, atau bertambah dengan yang baru muncul, sebisa mungkin segera periksakan sakit tenggorokan Anda ke dokter agar segera mendapatkan penanganan sakit sesuai dengan kondisi Anda.

Berikut adalah berbagai pilihan obat tenggorokan sakit atau Faringtis yang bisa Anda lakukan di ketika tenggorokan mulai terasa gatal, serak, atau mulai sakit saat menelan makanan.

1. Berkumur Dengan Air Garam
Berkumur dengan campuran Air hangat dan garam merupakan obat sakit tenggorokan alami yang terbukti ampuh untuk meredakan nyeri dan rasa panas di tenggorokan. Dikutip dari Health, beberapa studi menemukan bahwa berkumur air garam beberapa kali sehari mampu mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lender yang menmpel, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi lainnya sehingga bisa meringankan ketidaknyamanan Anda saat menelan makanan.

Untuk meracik obat sakit tenggorokan alami ini, Anda cukup mencapur 1 sendok teh garam meja dengan segelas air hangat. Aduk hingga garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam beberapa kali dalam sehari. Jika rasa asinnya tidak tertahankan bagi Anda, tambahkan air hangat lagi untuk menetralkan rasa asin tersebut. Larutan untuk sakit tenggorokan ini sebaiknya rutin anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Perbanyak Cairan Tubuh
Ketika Anda mengalami radang tenggorokan, Anda perlu lebih banyak mengkonsumsi cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya. Menjaga asupan cairan tubuh adalah hal penting dari obat sakit tenggorokan alami. Ketika Anda kekurangan cairan(kurang minum), mulut anda tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap dalam lembab. Hal ini yang akan mengakibatkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin parah.


Anda wajib mengonsumsi cukup banyak cairan sehingga air urin Anda berwarna kuning terang atau jernih. Hal tersebut dapat membuat selaput lendir Anda tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi, seperti alergi, serta membuat sistem imun tubuh lebih kuat dalam melawan gejala pilek dan flu lainnya.

3. Permen Lozenge atau Pelega Tenggorokan
Banyak permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di took dan apotek bisa jadi obat untuk meredakan tenggorokan yang sakit. Kandungan utama permen pelega tenggorokan berupa ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus. Bahan-bahan tersebut mampu memberikan efek sejuk dan mati rasa sementara pada jaringan tenggorokan Anda. Hal tersebut dapat terjadi karena ketiga bahan ini mengandung zat antiperadangan, antibakteri, dan antivirus sehingga cocok dikonsumsi pada saat proses penyembuhan.

Permen tersebut meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan Anda tetap lembab. Sesuai dengan namanya, permen ini dapat melegakan tenggorokan gatal Anda. Meskipun hanya bersifat sementara tetapi sangat efektif untuk saat-saat darurat.

4. Air Perasan Lemon atau Jeruk Nipis
Zat astringent yang ada dalam perasan lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan. Serta dapat menciptakan asam yang dapat membunuh virus dan bakteri penyebab iritasi.

Sebagai obat sakit tenggorokan alami, Anda cukup campurkan 1 sendok teh perasan lemon ke dalam secangkir air hangat, dan kumur selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

5. Berkumur Dengan Cuka Apel dan Garam
Jika tenggorokan Anda meradang akibat batuk yang parah, cobalah untuk atasi dengan 1 sendok makan cuka apel dicampur dengan 2 sendok teh garam kemudian larutkan dalam segelas air hangat. Ini adalah salah satu larutan sakit tenggorokan alami yang dapat Anda buat di rumah. Jika perlu, gunakan campuran bahan ini sebagai obat kumur beberapa kali sehari untuk pencegahan.

Cuka apel yang bersifat asam, akan melapisi tenggorokan Anda dan menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri untuk bisa bertahan hidup. Untuk larutan sakit tenggorokan alami yang lebih ringan, bisa anda campurkan 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu serta ditambah air hangat, kemudian berkumurlah menggunakan larutan tersebut empat jam sekali.

6. Berkumur Dengan Larutan Air Kunyit
Rempah ini merupakan zat antioksidan yang sangat kuat serta bermanfaat untuk memerangi banyak penyakit serius. Termasuk mampu juga dijadikan sebagai obat alami sakit tenggorokan. Untuk meredakan sakit tenggorokan, campurkan 1/2 sendok bubuk kunyit dan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, kumur-kumurlah untuk beberapa detik. Ulangi beberapa kali sehari agar larutan sakit tenggorokan ini bisa bekerja lebih maksimal.

7. Kayu Manis Dicampur Madu Murni
Bukan hanya untuk bumbu dapur saja, kayu manis ternyata juga mampu menjadi obat tenggorokan sakit. Dikarenakan, kayu manis memiliki zat antimikroba yang mampu mengganggu pertumbuhan bakteri dan mikroba lainnya. Sehingga, kayu manis dapat membantu meminimalisir pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Untuk menjadikan ramuan alami sakit tenggorokan, campurkanlah satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Lalu, campurkan dua sendok teh madu murni. Ketika minuman ini masih panas, hirup uap dari ramuan ini, dan saat ramuan ini sudah mulai hangat, Anda bisa meminumnya. Anda dapat meminum ramuan alami ini 2-3 kali sehari selama seminggu.

8. Mandi Dengan Air Hangat
Menghirup udara yang lembap dapat menjadi obat alami sakit tenggorokan yang bisa Anda coba selanjutnya. Cara tersebut membantu meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan, dan juga mengatasi hidung tersumbat.

Ganti air dingin yang sering Anda gunakan saat mandi dengan air hangat, atau Anda bisa mengisi sebuah mangkuk/baskom besar dengan air panas dan menggantungkan handuk di atas baskom tersebut untuk menjaga uap tersebut tidak keluar dari mangkuk. Tarik nafas dalam-dalam selama beberapa detik dan ulangi selama beberapa menit untuk meringankan rasa sakit tenggorokan.

9. Berhenti atau Istirahat Merokok
Sakit tenggorokan bisa diakibatkan karena Anda merokok. Jadi, jangan heran jika tenggorokan Anda akan merasa sering sakit. Zat-zat kimia yang terkandung di rokok dapat membuat dinding-dinding tenggorokan terluka. Bahkan dalam beberapa kasus yang parah, luka di tenggorokan ini dapat saja berubah dan berkembang menjadi kanker tenggorokan.


Itulah sebabnya, berhenti merokok atau mengganti produk tembakau lainnya adalah pencegahan sakit tenggorokan yang paling mudah dilakukan. Bila Anda perokok pasif, sebisa mungkin hindarilah paparan asap rokok. Rokok dan asap rokok mampu mengiritasi tenggorokan Anda.


Berikut itu adalah Ramuan-ramuan serta tips yang akan bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami sakit tenggorokan atau Faringtis . Semoga lekas sembuh dan dapat beraktifikas kembali.

0 Response to "Obat Alami Sakit Tenggorokan atau Pancingen Yang Dapat Ditemukan Disekitar Rumah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel