-->

10 Cara Menghilangkan Tuntas Nyeri Saat Haid



Cara menghilangkan nyeri haid diperlukan untuk seorang wanita yang sudah dewasa. Tidak semua wanita merasa baik-baik saja ketika mengalami menstruasi. Ada beberapa diantara mereka yang merasakan nyeri dan sakit yang luar biasa ketika haid. Bahkan ada yang harus sampai masuk ke rumah sakit akibat haid.

Gejala Saat Menstruasi

Perubahan hormon yang terjadi pada wanita menjadi salah satu faktor munculnya haid. Seorang wanita yang normal maka dia akan mengalami menstruasi pada usia remaja. Siklus normal seorang wanita haid adalah 28 hari atau bisa dikatakan satu bulan sekali. Saat haid datang, maka akan ada beberapa gejala yang menyertainya. 
Berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin timbul saat haid.
  • ·         Nyeri di perut bagian bawah
  • ·         Kelelahan
  • ·         Mengalami pusing dan pening
  • ·         Kembung
  • ·         Depresi
  • ·         Payudara terasa nyeri dan sedikit membesar

Pada kali ini, kita akan mengulas mengenai satu gejala yang lebih mendalam, yakni terjadinya nyeri haid.

Cara Menghilangkan Nyeri Saat Haid

Tidak semua wanita merasakan nyeri saat haid. Banyak faktor yang mengakibatkan seorang wanita merasakan nyeri ataupun tidak. Terlepas dari itu semua, penting bagi seorang wanita untuk mengetahui cara menghilangkan rasa nyeri saat haid. Biasanya, nyeri haid masih bisa diatasi sendiri sehingga tidak memerlukan penanganan dokter. 

Ada cara-cara tertentu yang bisa dilakukan untuk menangani rasa nyeri saat haid:

1. Berbaring
Ketika rasa nyeri mulai muncul saat haid, maka kamu dapat merebahkan tubuh terlebih dahulu di kasur atau sofa. Biasanya, rasa nyeri muncul pada bagian punggung sehingga dengan berbaring maka rasa nyeri akan berkurang. Gunakanlah bantal di bawah lutut sebagai menyangganya dan ambillah napas panjang kemudian hempaskan. Lakukanlah hal ini secara berulang hingga kamu merasa lebih nyaman.

2. Olahraga Secara Teratur


Aktivitas sederhana atau olahraga ringan akan mengurangi rasa nyeri ketika haid. Olahraga ringan yang dapat dilakukan adalah berjalan, bersepeda, atau berenang. Namun, jangan terlalu memaksakan diri apabila memang kemampuanmu tidak sampai. Lakukan saja olahraga yang ringan tapi dengan rutin, hal ini akan lebih membantu.

3. Panas


Masukkan air hangat ke dalam botol lalu kompreskan pada daerah perut maka rasa nyeri akan berkurang. Mengompres bagian perut akan membuatnya rileks dan otot-otot juga tidak akan menegang lagi.

4. Konsumsi Makanan Sehat


Berdasarkan penelitian, asam lemak omega 3, vitamin E, vitamin B6 dan B1, serta magnesium dapat mengurangi nyeri haid. Kamu bisa mengonsumsi sayur dan buah dengan aneka macam warna, labu, ikan, dan makanan lain yang mengandung banyak protein nabati.

5. Menghindari Rokok Atau Alkohol
Merokok dan mengonsumsi alkohol justru akan memperburuk keadaan jadi hindarilah kebiasaan buruk tersebut.

6. Kegiatan Relaksasi


Pijatan kecil di bagian perut dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang timbul. Kamu dapat melakukan pilates dan yoga untuk mengalihkan perhatian dari rasa sakit haid. Relaksasi ini sangat diperlukan untuk menenangkan pikiran dari beban atau masalah yang ada, yang berakibat menambah rasa nyeri pada perut.

7. Mandi Air Hangat
Cara sedeharhana kali ini dapat dilakukan saat mandi. Apabila bisanya, kamu mandi dengan air dingin atau air biasa, maka coba gantilah dengan air hangat untuk sementara atau ketika periode haid. Mandi dengan air hangat akan membuat rileks tubuh kita sehingga mengurangi rasa nyeri yang ada.

8. Minum Jamu
Banyak wanita, khususnya ibu-ibu yang mempercayakan kesehatannya pada obat tradisional atau jamu karena cara menghilangkan nyeri haid dengan herbal memang sering terbukti sangat ampuh dan efektif. 


Kamu dapat meracik sendiri jamu itu di rumah dengan bahan 15 sampai 30 gram daun Dewa, 20 gram kunyit, dan 600 cc air. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan cara merebusnya. Sisakan air hingga menjadi setengahnya, lalu disaring terlebih dahulu. Air ramuan tersebut bisa langsung diminum dua kali sehari. Inilah ramuan cara menghilangkan nyeri haid secara alami.

9. Konsultasikan Pada Dokter
Pilihan terakhir saat semua cara diatas tidak memberikan manfaat untuk kamu adalah pergi menemui dokter dan mengonsultasikannya. Meskipun rasa nyeri dialami oleh semua wanita saat haid, namun apabila kamu sudah merasa bahwa rasa nyeri itu berlebihan dan mengganggu aktivitas kamu maka perlu adanya penanganan yang benar dari yang ahli.

10. Obat-Obatan
Apabila kamu masih ingin mengobati rasa nyeri itu sendiri, maka kamu bisa mencoba obat-obatan ini untuk mengurangi rasa nyeri. Namun, ada beberapa obat yang mengharuskan kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Inilah beberapa obat-obatan yang bisa mengatasi rasa nyeri ketika sedang haid:
  •        Obat Anti Inflamasi Non-Sterois (OAINS): Sebagian besar dokter akan meresepkan obat ini untuk kasus nyeri ketika haid. Jenis obat OAINS yang bebas dijual yaitu aspirin dan ibuprofen. Tapi ingat untuk konsultasi dulu ke dokter.       
  • Kontrasepsi Oral:  KB atau pil kontrasepsi mampu meredakan nyeri haid. Obat ini akan menipiskan lapisan rahim serta mengurangi jumlah prostaglandin di dalam tubuh. Apabila lapisan rahim lebih tipis maka otot tidak akan berkontraksi lebih banyak lagi ketika haid, sehingga rasa nyeri akan berkurang.
  •        Obat penghilang rasa sakit lain: Tidak semua wanita merasakan efek atau manfaat dari OAINS sehingga boleh mencoba obat paracetamol. Kita dapat mengkonsumsi obat ini sebagai cara menghilangkan nyeri haid dengan efektif. Jenis obat ini bisa kita beli bebas di apotek dan efek samping yang ditimbulkan hanya sedikit. Obat ini juga dapat kita gunakan sebagai obat tapi tentunya dengan resep dokter.

Demikian adalah beberapa informasi mengenai menstruasi dan cara menghilangkan nyeri haid yang dapat kamu coba.

0 Response to "10 Cara Menghilangkan Tuntas Nyeri Saat Haid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel