-->

Cara Terbaik Makan Mie Instan Agar Tetap Sehat



Ada berbagai macam bahaya mie instan yang mengintai tubuh. Tahukah Kamu bahaya apa saja yang mengintai ketika Kamu terlalu sering mengkonsumsi si keriting ini? Terlebih lagi jika mie instan tersebut Kamu konsumsi dicampur dengan nasi. Resiko mulai dari kegemukan hingga kematian akan terus mengintai bagi mereka pengkonsumsi mie yang terlampau sering.

Mie instan sudah bukan hal yang asing lagi ditelinga kita. Terlebih untuk Kamu yang berada jauh dari keluarga dan terlebih lagi pas akhir bulan dompet menipis dan kiriman belum dateng. Ya benar, mie instan pasti teman paling setia saat seperti ini.

1. Bahaya Mie Instan Campur Nasi

Kebiasaan kita yang seringkali memakan mie instan dengan nasi ternyata bukanlah suatu hal yang menyenangkan dan senikmat rasa mie instan. Dampak yang timbul karena hal ini sangat beragam, beberapa bahaya mie instan yang dimakan bersamaan dengan nasi yaitu:

Potensi Terjadinya Kegemukan

Sudah diketahui bahwa mie instan dan juga nasi sama-sama mengandung karbohidrat yang berlebih. Jika Kamu terlalu sering mengkonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi maka kalori yang tinggi itu akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Hal tersebut yang nantinya akan membuat tubuh menjadi gemuk atau obesitas.

Resiko Terjadi Diabetes Melitus atau Kencing Manis

Sudah diketahui juga bahwa karbohidrat yang terkandung dalam mie instan dan juga nasi nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi glukosa atau gula. Gula ini nantinya yang akan di proses oleh insulin yang diproduksi oleh pankreas menjadi sumber energi. Jika glukosa terlalu banyak, kinerja pankreas untuk memproduksi insulin pun semakin berat. Lama kelamaan kinerja pankreas akan menurun dan rusak. Setelah pankreas rusak, pankreas tidak akan bisa memproduksi insulin dengan baik. Jadinya glukosa akan semakin banyak yang menumpuk didalam tubuh. Hal tersebutlah yang menimbulkan penyakit diabetes ini.

2. Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Selain beberapa bahaya mie instan yang disebabkan karena memakan mie dan nasi dalam waktu bersamaan, mengkonsumsi mie instan secara berlebih pun juga menimbulkan bahaya yang tidak sedikit bagi tubuh kita. Beberapa bahaya mengkonsumsi mie instan dengan berlebih ini antara lain:

Mie Instan Merupakan Bagian dari Junk Food

Mie instan yang cukup familiar dengan kita ini merupakan makanan sampah. Hal ini karena pada mie instan mengandung cukup tinggi karbohidrat serta juga lemak jenuh. Dalam mie instan tidak disertai kandungan lain seperti serat, proten ataupun vitamin. Pastinya ini membuat mie instan sangat tidak baik jika di konsumsi setiap hari.

Kandungan Sodium Yang Terlalu Tinggi

Kandungan zat sodium yang terlalu tinggi ini menyebabkan tubuh kita beresiko terkena penyakit jantung. Salah satunya yang cukup sering terjadi disebabkan oleh efek sodium ini adalah darah tinggi.

Meningkatkan Resiko Terjadinya Kanker

Dalam mie instan ditemukan lapisan lilin yang membuat mie tidak lengket dan tidak menggumpal. Lilin berikut ini sangat sulit sekali dicerna oleh tubuh , sekurang kurangnya membutuhkan waktu 3 hari untuk mencerna dan membuang lilin ini. Jika Kamu mengkonsumsi mie instan setiap hari, sudah pasti bisa dibayangkan lilin tersebut pasti menumpuk di dalam tubuh kita.

Selain dilapisi lilin, bumbu pada mie instan banyak sekali mengandung zat MSG atau zat monosodium glutamat. Dua bahan tersebut diperkirakan dapat memicu timbulnya sel kanker.

3. Tips Sehat Makan Mie Instan

Buat Kamu yang suka sekali makan mie instan, berikut ada beberapa tips yang dapat Kamu lakukan untuk meminimalisir efek negatif dari mie instan tersebut, diantaranya:

Buang Air Rebusan Pertama Mie

Ketika merebus mie, buang air yang pertama kali Kamu gunakan untuk merebus. Ketika merebus, lapisan lilin yang terkandung dalam mie tersebut sebagian besar akan larut bersama air. 

Oleh karena itu saat Kamu merebus mie kuah dari mie tersebut akan berwarna putih kekuningan seperti warna mie. Hal tersebut akan membantu meminimalkan banyaknya lilin yang masuk ketubuh kita. Mungkin juga ini akan memberi berpengaruh sedikit pada cita rasa mie, tapi untuk tubuh yang sehat tidak apa-apakan?

Jika yang Kamu makan ialah mie goreng, setelah ditiriskan bilas lag dengan air matang. Ya, kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah memakan mie yang masih mentah karena dianggap sebagai camilan yang lezat. Selain itu terkadang kita juga sering memasak mie hanya setengah matang.

Mie setengah matang atau bahkan mie mentah malah akan semakin memperberat kerja dari sistem pencernaan kita.

Beri Jeda waktu Makan

Seperti yang sudah dijabarkan diatas, lapisan lilin akan hilang setelah kurun waktu sekitar 3 hari untuk dikeluarkan oleh tubuh. Maka dari itu lebih baik Kamu tidak mengkonsumsi mie instan tersebut setiap hari. Beri jeda waktu setidaknya 3 hari, lebih lama lebih baik.

Jangan Campur Bumbu Saat Dimasak

Ketika memasak mie instan, pasti sebagian besar dari Kamu akan langsung mencampur bumbunya ketika mie masih mendidih diatas nyala api. Hal ini pastinya sangat salah. Dalam bumbu mie instan terdapat zat yang berbahaya kalau ikut dimasak.

Campurkan bumbu ketika mie sudah diturunkan dari api. Jika Kamu teliti dalam memeriksa, di cara penyajian yang terdapat di bungkus mie pun sudah menunjukkan bahwa bumbu ditaruh di mangkuk lalu baru di beri mie. Bukan bumbu yang di masak bersama mie diatas api.

Tambahkan Sayuran, Daging dan Telur

Jika perlu, Kamu bisa menambahkan sayuran, daging atau telur untuk melengkapi kandungan gizi yang terkandung pada mie instan.

Demikian tips untuk mengkonsumsi Mie Instan agar lebih aman. Namun lebih aman lagi jika kamu berhenti makan Mie Instan tersebut dan mulai memilih makanan yang lebih bergizi dan tidak menimbulkan dampak jika kita konsumsi.

0 Response to "Cara Terbaik Makan Mie Instan Agar Tetap Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel