-->

9 Cara Alami Melembutkan Rambut Kering dan Susah Disisir



Akhir-akhir ini, cara merawat rambut kering banyak dicari oleh banyak orang, khususnya kaum perempuan. Bagi kaum wanita, tentu kondisi rambut yang sehat dan indah adalah hal yang sangat diimpikan. Mengingat rambut yang mana mahkota bagi wanita dan sangat menunjang penampilannya. 

Namun, tak jarang permasalahan rambut bermunculan yang membuat resah kaum wanita tersebut. Salah satu permasalahan yang sering dijumpai adalah rambut yang kering. Rambut kering ini akan berdampak pada rambut yang mengembang dan rambut pun jadi terlihat tidak sehat.

Banyak faktor yang menjadi penyebab rambut kering, yaitu :
  • Karena rambut terlalu lama terpapar sinar matahari sehingga rambut yang semula lembut berubah menjadi kering.
  • Banyaknya zat kimia yang menempel di rambut. Hal ini disebabkan produk perawatan rambut yang kaum wanita gunakan. Pemakaian produk perawatan rambut memang boleh, namun dengan catatan produk yang aman dan tidak membuat rambut rusak.
  • Rambut kering juga dapat dikarenakan oleh polusi udara yang secara tidak sengaja menempel di rambut.
  • Penggunaan shampoo yang kurang cocok dengan rambut. Berdasarkan penyebab-penyebab itu, penting kiranya bagi kita semua untuk menjaga kesehatan rambut dengan menghindari penyebab-penyebab tersebut.
  • Rambut sering terkena polusi udara seperti asap kendaran pada saat berada diluar ruangan.
  • Terlalu sering menggunakan semir rambut sebagai pewarna rambut.
  • Cara mengeringkan rambut yang keliru, dengan langsung mengeringan dengan hair dryer saat rambut masih sangat basah.
  • Terlalu sering menggunakan hairspray rambut dan bahan kimia lainnya yang dapat merusak rambut.

Untuk mengembalikan keindahan rambut, kamu dapat melakukan perawatan rambut yang kering agar tetap terjaga kelembutannya. Berkaitan dengan penyebab rambut kering, ada beberapa tips cara merawat rambut kering. 

Tips tersebut terbagi menjadi dua, tips pertama yaitu perawatan rambut kering dengan menggunakan bahan alami dan tips kedua berkaitan dengan kebiasan positif yang harus dilakukan. Kedua tips ini mampu mengatasi rambut kering dan menjaga rambut agar tetap lembut. Bahan-bahan yang digunakan pun tidak sulit untuk didapatkan. 

Di bawah ini yaitu cara merawat rambut kering dengan menggunakan bahan-bahan alami.

1. Mencampurkan Bahan Madu & Perasan Lemon


Cara ini mampu mengatasi rambut kering. Kamu bisa mencampurkan kedua bahan tersebut sebanyak masing-masing dua sendok makan. Setelah kedua bahan telah tercampur dengan rata, langsung bisa dioleskan pada rambut kamu. Diamkan selama 40 menit dan lebih baik lagi kalau rambut ditutup dengan handuk maupun shower cup. Jika sudah 40 menit, segera bilas rambut Anda dengan air sampai bersih.

2. Menggunakan Buah Alpukat


Selain kelezatannya, buah alpukat juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya ialah untuk merawat rambut yang kering. Cara perawatannya pun sangat gampang. Kamu wajib memilih buah aplukat dengan kondisi matang. Haluskan buah alpukat tadi dan segera oleskan secara merata pada rambut kamu semua. Tunggu sampai 20 menit dan bilas rambut hingga bersih.

3. Air Perasan Jeruk Nipis


Tak jauh berbeda dengan buah aplukat, cara perawatan dengan air jeruk nipis ini pun sangat gampang untuk dilakukan. Cukup dengan menaplikasikan secukupnya pada rambut air perasan jeruk nipis ini. Tunggu hingga 30 menit kemudian bilaslah menggunakan air sampai bersih.

4. Minyak Alami


Minyak alami yang biasa digunakan yaitu minyak kelapa, tetapi minyak alami lainnya dapat digunakan juga, seperti minyak almond dan minyak yang berasal dari bunga matahari. Minyak alami ini mampu menjaga dan meningkatkan kelembutan rambut kamu semua. Cara penggunaannya dengan mengoleskan minyak setelah melakukan keramas. Tutup rambut kamu dan tunggu hingga 20 menit, lalu bilas kembali rambut sampai bersih.

5. Minyak Zaitun


Tak ada salahnya kalau kamu juga mencoba perawatan dengan bahan yang satu ini. Kamu dapat menggunakan minyak zaitun sekali dalam dua minggu. Cara menggunakannya dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut yang masih basah. Lakukan sebelum kamu melakukan keramas, lalu diamkan rambut dalam waktu lima menit. Setelah lima menit usai, segeralah keramas menggunakan shampo.

6. Memanfaatkan Khasiat Cuka Apel


Cuka apel berkhasiat untuk mengurangi rambut rusak dan melembutkan rambut. Penggunaan yang tepat akan membuat rambut lebih lembut. Cara memakainya yaitu dengan menambahkan bahan lain. 

Campurkan cuka apel sebanyak setengah cangkir dengan satu sendok makan minyak gandum dan dua cangkir air putih. Balurkan campuran ketiga bahan tersebut pada rambut basah. Lakukanlah sehabis keramas dan diamkan selama 10 menit. Setelah 10 menit berlalu, bilas segera menggunakan air bersih sampai rambut benar-benar bersih. Dalam penggunaannya, kamu bisa menggunakan kondisioner untuk mengurangi aroma menyengat dari cuka apel.

7. Menggunakan Mayones


Mayones yang umumnya digunakan untuk melengkapi makanan yang kamu makan juga bermanfaat untuk perawatan rambut yang kering. Kandungan asam lemak yang ada pada mayones bermanfaat untuk melembutan rambut. Metode yang dapat dilakukan adalah dengan mengoleskannya secara langsung pada rambut setelah selesai keramas, namun dalam keadaan rambut yang kering. 

Jumlah mayones yang dibutuhkan cukup satu sendok makan saja. Tutup atau bungkus rambut dengan penutup rambut atau handuk selama 15 menit. Selanjutnya, bilas kembali dengan menggunakan shampo. Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah jenis shampo yang baik dipakai. Shampo yang baik dipakai haruslah shampo yang lembut seperti shampo bayi atau shampo herbal.

8. Gel Lidah Buaya


Kandungan dalam gel lidah buaya dapat berkhasiat untuk mendapatkan rambut yang halus dan lembut. Cara menggunakan gel lidah buaya tersebut sama halnya dengan cara-cara sebelumnya yakni dengan mengoleskan dan membilasnya sampai bersih. 

Gel lidah buaya memang sudah banyak dibuat oleh produk perawatan rambut. Akan tetapi gel lidah buaya yang alami jauh lebih berkhasiat.

9. Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Vit B


Metode merawat rambut kering yang terakhir adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B. Vitamin B ini berkhasiat untuk menguatkan rambut dan membuat rambut tidak kering. Makanan yang banyak mengandung vitamin B seperti kacang-kacangan, buah pisang atau telur.

Demikian tips jitu merawat rambut kering yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

0 Response to "9 Cara Alami Melembutkan Rambut Kering dan Susah Disisir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel