-->

Cara Merawat Kulit yang Benar Agar Mulus dan Cerah Setiap Hari


Banyak perempuan di Indonesia yang salah kaprah menganggap kulit putih dapat membuat seseorang tampak lebih sehat dan cantik. Tidak sedikit yang rela “merogoh kocek” lebih dalam demi mendapatkan kulit putih. Beraneka ragam treatment maupun krim pemutih sudah digunakan, tapi hasilnya malah membuat tampak pucat seperti orang sakit. Lalu, bagaimana menurut pakar tentang kulit yang sehat??

Menurut Dr. Kardiana Purnama Dewi, SpKK, warna kulit seseorang dipengaruhi oleh tempat tinggalnya. Karena Indonesia berada pada lintang garis khatulistiwa, maka akan lebih sering terpapar sinar matahari.

Lain halnya dengan orang yang tinggal di kutub utara, cenderung akan lebih putih karena lebih sedkit mendapat paparan sinar matahari. Selain itu, masalah warna kulit biasanya akan dipengaruhi persepsi tiap individu. Mungkin dikarenakan Indonesia pernah dijajah bangsa Belanda dan Jepang yang berkulit putih, maka hingga saat ini memandang wanita berkulit putih itu lebih cantik dan berkelas. Padahal kulit yang nampak putih belum tentu sehat.

1. Tipe Warna Kulit

Sejauh ini, perbedaan pada jenis warna kulit manusia berdasarkan pada ras dan keturunan. Seperti yang dikelompokkan oleh Thomas B. Fitzpatrick yang membagi tipe kulit manusia menjadi 6, yakni :

1. Kulit putih, pucat (mata biru/abu-abu, rambut pirang)
2. Kulit Putih (mata biru)
3.  Kulit putih kekuningan
4. Kulit cokelat muda (olive)
5. Kulit cokelat
 6. Kulit hitam

Secara lebih rinci, jenis warna kulit tipe satu yang kerap dimiliki orang Kaukasia memiliki intensitas warna putih yang sangat terang, cenderung pecat. Meski berjemur seharian di bawah sinar matahari, warna kulit jenis ini tidak akan mudah berubah warna menjadi lebih gelap atau kecokelatan.

Sementara itu, tipe nomor dua, warna kulit selalu dapat terbakar, tetapi terkadang menggelap dan bisa kembali putih. Sedangkan, pada tipe nomor tiga dan empat yang sering dimiliki oleh orang Indian, Meksiko, dan Indonesia, bila terpapar sinar matahari akan berubah warna menjadi cokelat. Selanjutnya, tipe warna nomor lima dan enam adalah warna kulit yang dimiliki orang Afrika dan India. Walaupun jarang terkena paparan sinar matahari langsung, tapi akan selalu gelap.

2. Hindari memakai Bahan Kimia Berbahaya

Cream yang banyak mengandung zat kimia berbahaya tidak baik untuk kulit
Pada dasarnya perawatan untuk memutihkan kulit, baik dengan suntik maupun dengan krim belum sepenuhnya diperbolehkan. Seringkali penggunaan krim pemutih dilakukan tanpa anjuran dan pengawasan dokter. Tidak jarang para wanita mengalami iritasi kulit karena salah penggunaannya.

Menurut Kardiana, obat atau krim yang berasal dari herbal biasanya tidak akan menimbulkan efek apapun. Beda halnya dengan produk tertentu yang kandungannya berasala dari bahan kimia bernahaya yang bisa menimbulkan dampak buruk.

Kulit mengalami proses regenerasi dengan teratur yaitu tiap 28 hari sekali. Bila proses ini berlangsung optimal, maka kulit akan tampak lebbih cerah. tetapi, dengan melakukan perawatan .

3. Gunakan sunblock setiap kali akan beraktivitas

Gunakan sunblock setiap kali akan beraktivitas, karena pada saat ini lapisan ozon sudah mulai menipis. Penggunaan sunblock mengandung SPF sangat penting untuk menangkal paparan sinar matahari.

4. Rajin membersihkan kulit dengan krim yang mengandung kelembapan cukup

Jika kulit kita kering dan memang ada resiko alergi lebih baik gunakan sabun bayi dan setelah itu gunakan pelembab.

Untuk jenis kulit kering, sebaiknya hindari menggunakan sabun yang mengandung antiseptic. Harus diketahui, tubuh kita memiliki flora normal atau kuman baik yang dapat melindungi kulit. Jika kita menggunakan sabun antiseptic dengan terlalu sering, bisa jadi kuman baik ini akan habis dan tidak ada yang melindungi kulit kita, sehingga kita sering mengalami iritasi seperti gatal-gatal atau kudisan.

5. Gunakan krim pelembap atau lotion setelah mandi atau 2 kali sehari

Kenapa harus setelah mandi? Karena akan lebih baik hasilnya. Pelembab itu mempunyai sifat humetan yaitu menarik air. Ketika dioleskan pada keadaan kulit masih lembab, maka penyerapannya akan lebih maksimal dan efek melembabkannya pun jadi lebih baik. Hal ini berlaku pada kulit wajah maupun kulit tubuh. Pilih pelembab sesuai jenis kulit Anda. Jika kulit anda kering, gunakan pelembab yang mengandung madu atau shea butter.

Untuk kulit sensitif, dapat menggunakan yang mengandung chamomile atau berformula lembut dan anti alergi. Sementara itu jika kulit Anda cepat lengket karena banyak berkeringat, pelembab dengan lidah buaya atau berbasis air dapat membantu menyegarkan.

6. Perbanyak konsumsi air putih serta mengonsumsi sayur dan buah-buahan

Memperbanyak minum air putih baik untuk kulit anda, bahkan akan berpengaruh pada kinerja organ tubuh yang lain. Anda dapat mengonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam setiap harinya. Dengan mengonsumsi air putih 8 gelas dalam setiap hari, anda akan terhindar dari stres yang bisa menyebabkan kulit anda menjadi tidak sehat.

Air putih yang anda minum juga dapat membantu kulit anda agar tidak cepat keriput dan tetap segar. Sedangkan sayur dan buah-buahan akan memberikan nutrisi untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit.

7. Pastikan beristirahat dan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit

Cara berikutnya untuk tetap menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengatur waktu tidur dengan benar. Menurut penelitian, orang yang kurang tidur kulitnya akan menjadi kusam, cepat keriput dan warna kulit jadi tidak rata.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin kulit yang sehat dan kenyal, anda harus mengatur waktu tidur. Standart waktu tidur yang baik dalam jangka waktu 24 jam adalah 8 jam. Dalam waktu 8 jam tersebut, kulit akan beregenerasi sehingga keesokan harinya anda akan terlihat segar.

8. Hindari rokok, polusi dan minuman beralkohol

Kebiasaan merokok dapat membuat kulit rusak dan anda terlihat lebih tua. Sama seperti asap rokok, polusi juga akan membuat Anda tampak tua. jauhi lingkungan yang penuh dengan polusi. Menjauhkan diri dari ketiga hal tersebut bisa mencegah penuaan dini. Gunakan masker saat berkendara dan jauhkan diri dari rokok dan minuman beralkohol karena bisa merusak kulit juga akan berdampak buruk bagi kesehatan.

9. Sebelum tidur, usahakan selalu membersihkan wajah. gunakan susu pembersih saat membersihkan make up

Salah satu hal penting yang perlu anda lakukan sebelum tidur adalah membersihkan make-up yang menempel di wajah anda. karena make-up terbuat dari bahan kimia. membiarkan make-up menempel di wajah anda sampai terbawa tidur tentunya dapat membawa dampak buruk bagi kulit anda. berikut ini dampak buruk jika tidak membersihkan make-up sebelum tidur :

Jerawat
mengabaikan membersihkan riasan sebelum tidur bisa memicu timbulnya jerawat. itu disebabkan karena make-up dapat menutup pori-pori kulit sehingga menghalangi minyak alami kulit yang menjaga kelembapan kulit. sel-sel kulit kering juga akan cenderung menempel pada pori-pori sehingga terjadi infeksi seperti jerawat dan komedo.

Keriput
Pada saat malam hari, sel-sel kulit akan bekerja lebih aktif. tubuh akan melakukan peremajaan dan memulihkan kerusakan yang terjadi sepanjang hari. Tetapi, jika kita menggunakan make-up di malam hari. sel-sel kulit tidak dapat bekerja dengan baik sehingga mengakibatkan sel stres berlebihan. akhirnya kulit cepat keriput dan terjadi penuaan dini.

Bulu mata rontok
Sebagian riasan untuk mata memiliki sejumlah konten lilin yang cenderung mencair sepanjang hari sehingga dapat memblokir polikel bulu mata. hal ini akan membuat bulu mata menjadi lebih mudah rontok.

Bibir menghitam
Meskipun merk lipstick banyak yang mengklaim kaya dengan vitamin E. namun zat kimia pada lipstik akan menyebabkan bibir menghitam jika digunakan dalam jangka lama.

Mengangkat sisa make-up dengan menggunakan air saja tidak cukup, air atau sabun biasa tidak bisa sempurna mengangkat sisa-sisa make-up. Maka gunakanlah langkah mudah dengan menggunakan MILK CLEANSER dengan ekstrak bahan alami buatan sendiri yang mengandung susu pembersih untuk membersihkan kotoran dan make-up secara menyeluruh, dan juga mengandung penyegar (toner) yang dapat membuat kulit wajah tidak lengket dan segar.

Bagaimana, gampang 'kan merawat kulit dengan cara yang benar? Mulai dari sekarang terapkan kebiasaan tersebut dan dapatkan kulit mulus dan cerah setiap hari.

0 Response to "Cara Merawat Kulit yang Benar Agar Mulus dan Cerah Setiap Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel